Friday, May 9, 2014

Posted by MINSATAS On 1:07 AM
MIN CILENGA - Aplikasi EMIS atau kependekan dari Education Management Information Sistem adalah sebuah aplikasi berbasis web tentang sistem informasi  data RA/Madrasah di lingkungan Pendidikan Islam Kementerian Agama.  
http://pendis.kemenag.go.id/ebook/ebook-MI/
Aplikasi EMIS mulai di terapkan pada tahun pelajaran 2012/2013 dimana setiap madrasah wajib menginput data tentang kelembagaan, data pendidik dan kependidikan dan data siswa secara online ke alamat : http://emispendis.kemenag.go.id/ . Namun, pada waktu itu aplikasi EMIS sering mengalami eror system  dimana data yang sudah diinput menjadi tidak ada atau datanya acak acakan deui  (mun ceuk urang sunda mah. he.heh). Akhirnya Aplikasi EMIS dibuat dengan menggunakan format ms. Excel yang nantinya akan dijadikan bahan untuk di upload ke website.

Begitu juga EMIS versi ms. excel,  EMIS format ini banyak menghadapi Kendala, data tidak bisa diupload, disebabkan masih banyak data yang tidak sesuai panduan, dan atau panduan tidak sesuai dengan script data yang ada pada web. Operator setiap madrasah banyak yang mengeluh tentang EMIS versi excel, karena sering diminta untuk melakukan perubahan data.

Akhirnya pada tahun pelajaran 2013/2014 semester genap ini Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah melounchingkan Aplikasi VALIDASI EMIS DESKTOP (ofline) yang difungsikan untuk memverifikasi dan memvalidasi data sebelum diuploadkan ke sistem web (online). Silahkan aplikasinya unduh nanti di bawah.

Untuk apa EMIS digunakan?
Jawabanya adalah sebagai bahan  perencanaan program kementerian agama baik tingkat pusat, provinsi maupun kab/kota.

Apa akibatnya jika madrasah tidak menginputkan datanya ke EMIS?
Jawabannya adalah madrasah tersebut ke depan bersiaplah untuk tidak menerima :
  1. Dana  BOS
  2. Bantuan BSM
  3. Program BANSOS
  4. Tunjangan-tunjangan Guru
  5. dsb
Jika setiap RA/Madrasah masing ingin mendapatkan semuanya, maka tidak ada cara lain kecuali mengikuti ketentuan dan kebijakan pemerintah yang ada.

Silahkan unduh aplikasi dan panduannya di http://emispendis.kemenag.go.id/ atau unduh disini :


JENJANG
UNDUH
OS YANG
DIGUNAKAN
MI, MTs, MA Mekanisme Pendataan All
MI
Windows 32 bit
Windows 64 bit
MTs
Windows 32 bit
Windows 64 bit
MA
Windows 32 bit
Windows 64 bit
MI, MTs, MA
All
MI
All
MTs
All
MA
All
MI, MTs, MA
All
 MI
Update 2 - 14 Mei 14 Windows 32 bit
MTs
Windows 32 bit
MA
Windows 32 bit








Sekian dan semoga bermanfaat. Wassalam..

2 comments:

MINSATAS said...

Beres...

Anonymous said...

Assalamu'alaikum...
Maaf Bpk sy OPS MTs Mathla'ul Anwar Pasirdurung Kec. Sindangresmi-Pandeglang punya masalah dengan pendataan emis 2014/2015, ketika sy mw login ke aplikasi ternyata NSM baru kami tidak ada di daftar Madrasah. Mengikuti anjuran dari Admin Kemenag Kabupaten, sy daftarkan langsung, namun tidak berhasil.

Mohon solusinya ....
Assalamu'alaikum... Maaf Bpk/Ibu mungkin di forum ini ada OPS/Admin, sy OPS MTs Mathla'ul Anwar Pasirdurung Kec. Sindangresmi-Pandeglang punya masalah dengan pendataan emis 2014/2015, ketika sy mw login ke aplikasi ternyata NSM baru kami tidak ada di daftar Madrasah. Mengikuti anjuran dari Admin Kemenag Kabupaten, sy daftarkan langsung, namun tidak berhasil. Mohon solusinya ....